SMARTGEO KERJASAMA DENGAN BEBERAPA PENERBIT



Bismillah,

Wah sudah lama gak posting blog di sini, kalo rumah mungkin udah berdebu bangeut dan berantakan serta ada berbagai bebauan dar mulai ee tikus, kecoa, kelelawar dan lainnya... Next time ini rumah perlu dipercanik dan rajin diurus alias rajin posting lagi. SEMANGAT! Harusya semua tulisan di medsos pindah kesini  agar ruangnya lebih luas dan jangka waktunya lebih lama juga. Selain itu tulisan-tuisan yang udah dipost bisa dibaca anak cucu nantinya gak kaya stsu ig atau wa, hehe. Maaf kelamaan prolognya...

Ok pagi ini sambil nunggu de Fathir bobo, emaknya mau berbagi pengalaman nih...mau tau gak? atau mau tau bangeut? bagaimana selama ini smartgeo kerjsama dengan beberapa penerbit. Sebetulnya gak banyak juga penerbit yang saya datangi hanya beberapa mengingat pada waktu itu buget modal agak terbatas dan gak paham bangeut dunia perdropshipan. 

Mulainya dari mana ya?
Hmmm bingung. hehe.... random aja deh ya...apa aja yang terlintas saya tulis dan mudah-mudah ada manfaatnya.

Awalnya dari iseng aja ngepost buku olimpiade geografi yang baru di beli Fans Pagenya Smartgeo 
"ada yang mau beli buku olimpiade geografi?" Eh ternyata banyak yang komen bapak dan ibu guru mau pada pesan. Wah ternyata asik juga jualin buku. Nah dari sini kepikiran kenapa SMARTGEO gak sambil jualan buku aja. Ibaratnya kalo bisnis itu kolam ikan udah ada tinggal mancing ikannya aja. Kalo tips dari para  suhu bisnis kaatanya sih paling gampang kita nyari dulu pasarnya/ konsumen baru kita sediakan barang atau jasa yang dibutuhkan. Kalo dihitung-hitung dulu fans page smartgeo udah di angka 2.500 an dan saya belum terlalu aktif di instagram jadi followers ig masih di bawa 1000. 

Nah bermula dari asik dapet keuntungan dari jualan buku. Akhirnya kepikiran deh buat cari-cari penerbit yang bertema-tema geografi, geologi dan lingkungan. Ternayata eh ternyata yang banyak buku bagus itu dari penerbit UGM, Ombak, Graha Ilmu, Pustaka Baru, Deepublish dan Widiatama. Dari beberapa penerbit tersebut hanya satu dari Bandung yaitu Widyatama. Sisanya semua dari Yogyakarta. Pantes aja disebut sebagai kota pelajar ya, kalo saya cek penerbit apa saja yang ada di Yogya ternayta banyak bangeut. 

Selanjutnya, saya mulai cari kontak dan menghubungi satu persatu penerbit dan mempelajari bagaimana sistem kerjasamanya. Beda-beda tentunya setiap penerbit. Keuntungan yang di tawarkanpun berbeda dikisaran 20-30% rata-ratanya, namun untuk UGM sendiri bahkan bisa kasih diskon sampai 50% untuk beberpa buku di event tertentu.

Ketentuan jadi reseller buku paling gampang itu yah UGM, terus ada juga yang paling ribet itu kalo dropship dan jasa kirim cuma pakai dua ekspedisi dan penerbitnya kekeh gak mau nambah (gak usah disebutin ya, hehe) sedangkan saat itu yang beli udah pesan di shopee pakai jasa J&T penerbit cuma pakai JNE dan Post. Minta tolong di packing dan dikirimin aja, tapi kekeh penerbitnya gak mau jualin bukunya. Hmmm... musti jeli juga atur jasa kirim di marketpalcenya. 

Terus ada nih penerbit yang main sistem waktu kadaluarsa kereselleran. Karena lama saya gak order akhirnya diskon yang diskasih jadi 20% biasanya ngasih 30% dan kalo semakin orderan lancar ke penerbit tersebut dan mencapai target bulanan diangka 1jt ke atas, diskonnya bisa di tambah 5-10 %. Ini penerbit strategi bisnisnya luamayan main. Nanti coba saya tulisa lagi lanjutannya bagaimana cara bahkan no kontaknya ya. Soalnya de Fathir udah bangun...

Bersambung...

0 Comments

Guru, Penulis, Educator

Menyampaikan pengetahuan melalui kelas dan tulisan. Saya seorang guru, penulis, dan educator yang selalu belajar dan mengajar.