Eksperimen Buku Gara Gara Facebook


Bismillahirrahmanirrahiim

Pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang ekaperimen buku "Gara Gara Facebook" karya Kang Dewa Eka Prayoga.

Bermula dari tertarik dengan ilmu ilmu marketing online, kalo tak salah join di komunitas pembisnis pada bulan Juni, tepatnya saya lupa, hehe yang pasti awal tahun 2019an. Saya bergabung dikomunitas Bilioner Store. Komunitas ini sering membahas tentang tema tema tips berjualan dalam bentuk buku. Pertama yang saya beli adalah buku dengan judul "Gara gara Facebook" yang ditulis oleh Kang Dewa Eka Prayoga dan "Optimalisasi Toko Online" karya Kang Fahmi yang terkenal dengan Kelas Bos.



Awalnya saya tertarik untuk berjualan selanjutnya bergabung menjadi agen di  brand fashion anak. Waktu itu cari momentum pas yaitu Bulan Ramadhan. Bener modal kembali dalam waktu cepat omset bisa sampai 20jt lebih. Padahal gak pakai jualan online cuma nawarin ke teman dan buka bazar. Tapi sedihnya 😭😭😭  setelah lebaran sepi kaya kuburan. Omset drastis turun. Stok numpuk sampai sekarang. Modal terkuras habis di tumpuk di sana. 

Merenung , berfikir, dan baca baca sana sini, join group group jualan belajar bagaimana tips dan trik berjualan online. Akhirnya bertemulah dengan komunitas di Bilionaire Store. Alhamdulillah...😊 dengan modal yang ada 1,5 jt dan amalin ilmu buku ini jualan jadi lancar. Tapi bukan jualan fashion anak. Lucunya malah jualan buku yang lancar.

Gara gara abis baca buku "Gara Gara Facebook" baru tau kalo saya punya kolam uang di  Fans Page Facebook smart geografi. Boleh search di facebook smartgeografi.

Kolam uang di Facebook? Ceritanya Saya punya Fans Page Smart Geografi sampai 2.000an. Ternyata ini adalah kolam uang, pas buat tawarin barang sesuai karakter pembeli yaitu geografi ada guru dan mahasiswa geografi.

Selanjutnya coba deh share buku geografi buat cek market. BENER BENER DASYAT baru share langsung  banyak yang tanya tanya dan closing, transfer...Alhamdulillah. padahal waktu itu dropship dulu niat buat cek laku gak nih jualan buku-buku tema geografi.

Tahap selanjutnya, mulai serius kontak bebebrapa penerbit dan joinlah jadi reseller buku dengan modal 1,5jt. Bener juga kata kang Dewa kalo Tiap Prodak Ada Jodohnya. Artinya Jodoh jualan saya di buku geografi sudah memanati, tapi saya gak peka. Maka pentingnya tau ilmu jualan di Facebook pasti juala  lancar dan yakin closing teruuuus. Saya amalkan buku Gara Gara Facebook sampai sekarang, dan Alhamdulillah makin bertumbuh. Modal numpuk di Fashion anak, sedik sedikit balik. 

Kalo mau jaual  di facebook bisa berawal dari bikin fans Page atau kalo mau jualan di Facebook Pribadi tingkatkan image orang tentang kita siapa. Sehingga orang tertarik dengan apa yang di share di facebook. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan, pengalsmsn saya, coba anda juga lakuka ini:
1. Perbaiki image facebook 
2. Sharing Sharing dulu, Kemudian Selling Selling. Orang juga bosen kalo dijejeli terus jualan. Kalo Bosen akhirnya gak respon. Dan mana ada Closing
3. Tingkatkan interaksi (Kalo ada komen Balas, like)
5. Buat Link Toko online bisa web atau marketplace
6. Link ke Instagram buat optimalisasi.
7. Update terus status tiap hari. Selang seling, Sharing dan Selling. Jangan dominan Selling tapi seimbangka  sengan Sharing
8. Apalagi ya? Saya sarankan bisa pelajari langsung lewat bukunya. Minat?  Bisa kontak saya kalo minat pesan bukunya  Klik Kirim Wa

Eksperimen yang terbukti saya aplikasikan selama kurang lebih dua bulan



Semoga jualannya makin laris dan ingat niatkan tak hanya sekedar jualan namun menebar manfaat lebih luas. Semoga tulisan ini bermanfaat 



0 Comments

Guru, Penulis, Educator

Menyampaikan pengetahuan melalui kelas dan tulisan. Saya seorang guru, penulis, dan educator yang selalu belajar dan mengajar.